Sabtu, 22 Juni 2013

Padusan Krakal Banyu Anget

Padusan Krakal Banyu Anget atau lebih dikenal dengan Pemandian Air Panas Krakal adalah salah satu tempat wisata yang menjadi icon di Kebumen. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen, berjarak 11 km dari Kota Kebumen. Di sebelah tempat wisata ini, ada bumi perkemahan yang biasa digunakan oleh siswa-siswi sekolah untuk kegiatan pramuka.

Menurut legendanya, pemandian ini ditemukan oleh seorang bangsawan dari Kartasuro. Karena mengalami penyakit kulit, bangsawan tersebut dijauhi oleh keluarganya. Suatu hari dia bermimpi dan mendapatkan petunjuk untuk mencari mata air panas di wilayah utara. Hingga akhirnya dia melakukan pengembaraan ke wilayah utara dan menemukan adanya mata air panas yang dapat menyembuhkan penyakit kulitnya.

Hingga kini, masyarakat Kebumen percaya bahwa mata air panas tersebut mampu menyembuhkan penyakit kulit, badan pegal, rheumatik, maupun untuk merelaksasi badan. Tidak mengherankan, karena mata air ini mengandung belerang yang memiliki berbagai manfaat.

Untuk dapat masuk ke lokasi wisata ini, pengunjung dikenai biaya masuk sebesar Rp 3000,- untuk dewasa dan Rp 2000,- untuk anak-anak. Di lokasi yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen, tersedia juga sarana bermain untuk anak-anak, lahan parkir, mushola dan kamar mandi sebanyak 17 ruang. Jika pengunjung ingin mandi, maka dikenai biaya sebesar Rp 7500,-. Kamar mandi yang tersedia cukup nyaman dengan adanya bathup, meja, kursi, gantungan baju dan satu pot tanaman yang membuat kamar mandi menjadi asri. Pengunjung disediakan waktu +/- 15 menit untuk mandi. Kenapa? Karena jika terlalu lama malah akan berbahaya.


Akses menuju lokasi ini tergolong mudah. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika ingin menggunakan kendaraan umum, bisa mencari angkot berwarna kuning yang menuju ke Alian. (Data diperoleh Juni 2013)






Kamar mandi


Sumber air panas

Prasasti peresmian pemandian air panas krakal

Mushola

                                         
Bumi Perkemahan






Tidak ada komentar:

Posting Komentar