Senin, 24 Juni 2013

Pantai Setrojenar : Pantai Yang Merakyat



Pantai Setrojenar adalah pantai yang terletak di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren. Orang lebih familiar menyebutnya dengan Pantai Bocor. Padahal Bocor adalah nama desa di utara Desa Setrojenar. Sebutan Pantai Bocor ini menyisakan kepercayaan (terutama bagi anak-anak), jika datang ke pantai maka ban sepeda akan bocor.

Pantai Setrojenar menjadi pantai yang menjadi destinasi wisata murah meriah dan memuaskan di Kota Kebumen. Jarak pantai ini dari Kota Kebumen tidak terlampau jauh, hanya 12 km. Jika kamu memakai sepeda motor, perjalanan +/- 20 menit. Namun jika kamu ingin berolahraga dengan sepeda onthel, waktu tempuh kurang dari 1 jam. Bersepeda ke pantai Setrojenar lebih nikmat dilakukan pagi hari setelah subuh. Mentari pagi akan menemani perjalanan dan menghangatkan badan. Pantai ramai dikunjungi terutama musim liburan, lebaran dan hari minggu. 

Sebelum sampai pantai, mata kamu akan dimanjakan oleh sawah hijau, kebun pepaya california, kebun cabai, melon dan semangka. Lalu kamu akan menemukan gapura untuk penarikan retribusi dan pembayaran parkir. Untuk biaya masuk sebesar Rp 1000,- per orang dewasa (anak-anak tidak dipungut biaya), sedang untuk biaya parkir Rp 2000,- per motor. 


Suara gemuruh ombak terdengar jelas ketika kamu mulai menginjakkan kaki di pasir hitam yang mengandung besi. Aroma air laut yang asin mulai tercium oleh hidung. Dan gulungan ombak dari samudra hindia mulai menggoda tubuh untuk segera bergumul. Tapi hati-hati! sangat disarankan untuk tidak mandi di laut. Terutama karena di beberapa area pasirnya menurun tajam. Maka dari itu, warga sekitar berinisiatif menyediakan kolam air tawar untuk mandi (terutama anak-anak). Di kolam juga disediakan ban, pancuran, dan plosotan. Tidak ketinggalan tersedia tempat ganti pakaian dan toilet untuk umum.  

Jika kamu lelah dan merasa lapar, ada banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman. Salah satu makanan yang enak dinikmati adalah pecel dan peyek yutuk. Selain itu, ada berbagai gorengan yang masih hangat sebagai lauk pauk.  Makanan lain yang bisa dinikmati lagi adalah sate ambal. Namun, tidak banyak penjual sate ambal di pantai ini. 

Jadi, jika kamu ingin berlibur dan membuang jenuh, Pantai Setrojenar adalah tujuan wisata yang tepat sebagai destinasi wisata kamu dengan keluarga.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar